The Philosophy of Business...In Essence

Bizlosophy Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Extraordinary = Ordinary … Plus a bit Extra

Wednesday, February 3, 2010 @ 11:02 AM

Lihat judul di atas… Extraordinary = Ordinary plus a bit extra… Terjemahan bahasa Indonesianya: Luar biasa = biasa ditambah sedikit extra… Se-simple itukah?

Perhatikan lingkungan rumah anda. Di sekitar RT/RW anda, saya yakin ada beberapa toko atau bisnis yang terlihat sepi, tidak booming, tapi sudah berjalan cukup lama dan sampai sekarang masih bertahan. Mungkin bisnis ini bisa berupa toko roti, warung rokok, restoran, bengkel, dan sebagainya. Saya yakin, anda pasti pernah berpikir, “Koq bisnis (warung / bengkel / restoran / bakeri) yang biasa-biasa aja bisa bertahan, ya?”

Sekarang perhatikan lingkungan kantor anda. Saya yakin ada kolega anda di kantor yang performance-nya biasa-biasa saja, tetapi tetap bertahan di kantor tempat anda bekerja. Berapa sering anda bertanya dalam hati, “Koq si Anu masih bisa bertahan di kantor ini padahal kerjaannya sangat biasa-biasa saja, ya?”

Kedua contoh di atas adalah contoh kasus hal-hal yang sifatnya biasa, ordinary. Apakah yang bisa dilakukan untuk merubah hal-hal yang ordinary menjadi sesuatu yang extraordinary? Hanya perlu menambahkan sedikit extra.

Sebuah bisnis yang biasa dapat dikembangkan dengan sedikit usaha tambahan. Contohnya, meningkatkan kualitas produk/layanan, menambah kegiatan marketing, memperbaiki disain toko, dan juga melakukan hal-hal lain yang bisa memberikan nilai tambah. Saya yakin, jika ada usaha extra, maka sebuah bisnis yang biasa-biasa dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang luar biasa.

Seorang karyawan yang biasa-biasa saja, juga dapat meningkatkan nilai-nya di dalam perusahaan. Bisa saja dengan meningkatkan produktifitas, miningkatkan efisiensi, memberikan kontribusi tambahan, mempelajari skill baru, dan sebagainya.

Apakah bener-bener se-simple itu? Silahkan dicoba dan buktikan sendiri.

  • http://inspirational.articleberry.com/extraordinary-ordinary-extra Extraordinary – Ordinary = EXTRA

    [...] [...]